cari melalui google

Pages

Senin, 26 Agustus 2013

cara menambal ban yang benar

Cara Menambal Ban Agar Lebih awet dan Kuat

  • Persiapkan karet kompon, karena dengan memberikan karet kompon (rubber compound) yaitu Material karet hitam yang jika dipanaskan dalam waktu tertentu akan melekat dengan ban dalam, akan membuat bagian ban dalam yang bocor dapat tertutup kembali.
  • Sebaiknya sebelum karet kompon dilekatkan ke bagian ban dalam yang bocor, permukaan ban dalam yang bocor dibersihkan sekaligus diberi serat. Hal dilakukan supaya pada saat proses akhir atau pemanasan, karet kompon benar-benar melekat dengan permukaan ban dalam yang bocor, sehingga ban akan lebih awet dan kuat.
  • Selanjutnya proses pemanasan juga merupakan kunci keberhasilan dalam tambal ban. Apabila pemanasan kurang baik, karet kompon tidak bisa menyatu atau bahkan pecah-pecah. Dan hasilnya mungkin akan bocor lagi.
  • Supaya hasil tambal ban tahan lama dan kompon benar-benar menyatu dengan ban yang bocor gunakan trik lain. Yaitu dengan dilapisi kertas aluminium sebagai media penghantar panas. Namun kadang  hasilnya  kurang sempurna atau pecah-pecah saat alumunium dibersihkan. Hal itu disebabkan pemanasan kurang lama dan tidak fokus di bagian yang ditambal.
  • Untuk tahap akhir biar hasilnya bagus, sebaiknya Anda memanaskan bagian yang ditambal lebih lama dari biasanya. Sekaligus mengecek karena memungkinkan ban yang dipanaskan ngembang atau benjol. Cara tepat akan mempermudah Anda untuk menambal ban secara sempurna. Semoga Anda bisa mengambil manfaat yang lebih dari cara menambal ban diatas. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar