cari melalui google

Pages

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Selasa, 27 Agustus 2013

BUPATI SRAGEN DRAG RACE CHAMPIONSHIP

event DRAG RACE ini merupakan event yang pertama kali diadakan di sragen , event ini akan diadakan pada tanggal 29 september 2013 dan berada di sirkuit jalan raya sukowati  tepatnya di depan pemda kabupaten sragen , event kali ini telah di tunggu tunggu oleh para penggemar drag tentunya di daerah sragen karena baru pertama kali ini diadakan di sragen :D ini saya mempunyai gambar pengumuman DRAG RACE championship di sragen semoga bermanfaat

Bersihkan Ruang Pembakaran Dengan Carbon Cleaner

bersihkan ruang bakar dengan carbon cleaner

Menghadapi kemacetan di Jakarta raya ini mebuat ruang bakar di penuhi oleh carbon. Tidak cukup bila hanya tune-up mesin karena tune-up mesin hanya membersihkan injektor, karburator, busi, dan yang gampang. Tetapi tidak membersihkan ruang mesin, karena bila membersihkan ruang mesin maka harus turun mesin dan itu membutuhkan banyak biaya. Kalau kita ingin membersihkan seluruh carbon yang ada di ruang mesin selain dengan mencampurkan obat tertentu ke dalam tangki bensin, kita juga dapat menyemprotkan carbon cleaner ke dalam mesin. Berikut prosedurnya:
  1. Buka kap mesin dan buka bagian saringan udara, karena disitulah saluran antara injeksi/karburator yang langsung menyambung ke ruang pembakaran.
  2. Bila saringan udara terlihat kotor jangan ragu-ragu untuk membersihkannya , ingat bersihkan dari bagian dalam ke luar bukan dari luar ke dalam.
  3. Setelah terlihat lubang injeksi atau karburator, minta salah satu orang untuk menginjak pedal gas atau memutar tuas gas (motor).
  4. Setelah di injak pedal gas maka semprotkanlah carbon cleaner ke dalamnya, biasanya bau cukup menyengat jadi bisa gunakan penutup hidung.
  5. Setelah disemprotkan jangan nyalakan mesin sampai sekitar 10menit.
  6. Setelah 10 menit nyalakan mesin, biasanya cukup susah tetapi coba terus sampai menyala.
  7. Bila ruang pembakaran kotor maka sesaat setelah menyalakan mesin akan muncul asap tebal keluar dari knalpot (biasanya asap biru).
  8. Geber sedikit pedal gas sampai rpm tinggi agar seluruh kotoran terbuang keluar, geber terus sampai asap biru menghilang.
  9. Carilah carbon cleaner yang berbentuk foam, karena efeknya lebih bagus.
  10. Obat ini bisa dibeli di toko-toko aksesoris atau bengkel-bengkel terdekat, biasanya harga 1 botol berkisar antara Rp 50.000 sampai Rp 65.000

Senin, 26 Agustus 2013

Tips Merawat Sistem Injeksi V-ixion

Tips Merawat Sistem Injeksi V-ixion

Berikut tips cara merawat injeksi vixion.

 
perhatikan isi minimum tangki:
v-ixion sudah menggunakan pompa bensin di dalam tangki. maka batas minimum bahan bakar sekitar 2 liter.
perhatikan kelistrikan:
jangan mencuci motor pake jet spray yg disemprotkan langsung ke peranti elektronik seperti cdi dan koil. jangan menambah aksesoris kelistrikan(lampu hid atau belm, dan alarm) yg melebihi beban aki.
pembersihan dengan injector cleaner:
penyemprotan boleh dilakukan, tapi harus hati2 dan bila ada masalah saja. lepas filter udara terlebih dahulu kemudian baru disemprot pada lubang udara pada throttle body. sebaiknya pengerjaan dilakukan oleh mekanik profesional.
perhatikan indikator kedipan
pada v-ixion tiap kedipan punya arti sendiri. dengan alat fuel injection diagnostic tool dapat dibaca apakah motor pernah jatuh apa tidak, karena ada sensor yg membaca sudut kemiringan motor. sensor tersebut akan secara otomatis menghentikan pasokan bahan bakar ke mesin apabila motol dalam kemiringan kurang dari 65 derajat. alat ini akan membaca seluruh data yg terekam dalam cdi/ecu v-ixion.
Berikut tips cara merawat injeksi vixion perhatikan isi minimum tangki vixion sudah menggunakan pompa bensin di dalam tangki maka batas minimum bahan bakar .
Bagaimana cara merawat motor injeksiyamaha vixionyg baik 2 tahun lalu jangan mencuci motor pake jet spray yg disemprotkan langsung ke .
Terus ke permasalahan operasional Yamaha Vixion eceran karena kualitasnya akan ada efek di cara Jangka Waktu Membersihkan AC Makanan Khas Dari Landak.
Cara Mencuci Injeksi Vixion Dowload Manual Service Vixon 9 Tips Mudah Merawat Aki Mobil Tumplek Blek 2012 Tips Memilih Alarm Mobil Jual Injector Pembersih.
Gimana cara kerja motor injeksi supra x125 nama Bos mau tanya klo cara ngilangin limiter vixion gmn ya xml2008102812043520marimembersihkan .
ELECTRONIC FUEL INJECTION Berbagai macam cara dan Sistem injeksi bahan bakar elektronik karburasi sy skrg pake Vixion 2008 yg mau sy tanyain vixion sy .
Supra x 125 dengan injeksi dan karburator gmn ni cara nambah speed yamaha vixion guetanpa bor up y bro Tips Membersihkan Karburator Menyetel Klep Motor .
Masitu cara membersihkan injection gimana jika di lakukan sendiri uangnya 21100000Emang ga ada seharga segitu yg berani ngasih injeksicuma VIXION .
Sumber KompasOtomotif Author AGK Vixion Motor injeksi Tiga Cara Untuk Yamaha ada tiga cara bisa Selain membersihkan sistem injeksi juga ruang bakar.
yang sangat tidak cocok untuk disiksadan orang2 yang pny vixion diharuskan lebih disiplin dan sangat berhati2 untuk merawat vixion dari injeksi smp cara .
( sumber: otomotifplus.com )

tips cara merawat rem tromol pada mobil kesayangan anda

TIPS CARA MERAWAT REM MOBIL


Tips dan cara merawat rem mobil penting untuk anda ketahui bagi yang memiliki mobil. Karena Rem adalah salah satu komponen terpenting pada mobil yang berfungsi sebagai alat untuk menahan laju mobil anda. Kondisi rem pada mobil anda bisa saja tergantung pada cara anda untuk merawatnya. Apabila anda mengabaikan perawatan rem mobil ini maka bisa jadi kinerjanya tidak optimal. Dan hal ini tentu saja bisa mengancam keselamatan pengendara dan orang lain di sekitar anda. Seperti beberapa kasus kecelakaan yang terjadi akibat rem blong.

Rem Cakram Mobil 300x200 Tips dan Cara Merawat Rem MobilRem mobil juga tergantung dari cara kita mengemudikan mobil dan kondisi dijalan raya yang semakin macet dari hari ke hari. Untuk perawatan rem mobil ini sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan kita tahu cara merawat rem mobil yang baik dan benar. Meskipun sebenarnya merawat rem mobil yang dilakukan sendiri sedikit repot karena anda harus melepas keempat roda mobil anda. Pada rem mobil terdapat dua jenis Disk Brake dan tromol.

Berikut ini beberapa tips merawat rem mobil

Setiap seminggu sekali anda wajib untuk memeriksa kondisi minyak rem agar tidak kosong. Apabila terjadi pengurangan minyak rem dari batas minimal sebaiknya di cek apakah terjadi kebocoran pada saluran/selang minyak rem mobil anda. Karena pada kondisi normal, pengurangan minyak rem mobil tidak terjadi dengan cepat. Minyak rem mobil berkurang seiring dengan semakin menipisnya kanvas rem mobil. Rekomendasi dari produsen mobil, umumnya minyak rem harus diganti setelah mencapai 40.000 km atau sekitar 2 tahun. Tetapi ini berlaku untuk pemakaian mobil pada kondisi normal. Tetapi jika kinerja rem mobil berat atau frekuensi penggunaan rem mobil tinggi akibat jalan yang macet maka sebaiknya diganti lebih cepat untuk lebih jelasnya konsultasikan dengan bengkel langganan anda.
Untuk rem cakram : Selanjutnya lepas kampas rem/pad dari dudukannya dan gunakan ampelas kasar, kuas atau sikat untuk membersihkan permukaanya. Lalu gunakan pembersih karbon yang khusus rem atau biasa disebut (Brake Cleaner) atau jika ingin irit bisa juga dengan menggunakan bensin. Setelah itu berikan stempet, gemuk atau pelumas di besi penahan pada bagian belakang kampas rem. Hal ini harus dilakukan dengan hati-hati jangan sampai terkena pada permukaan kampas rem yang bersinggungan langsung dengan cakram. Setelah itu anda bisa pasang kembali kampas rem.
Untuk rem tromol : Lepaskan dulu tutup tromolnya. Setelah itu langkah yang harus dilakukan sama seperti membersihkan pada rem cakram dengan menggunakan amplas atau cairan khusus pembersih rem. Lalu pasang kembali tutup tromol sesuai dengan keadaan semula.

Rem Cakram Mobil 150x150 Tips dan Cara Merawat Rem Mobil

Rem Tromol Mobil 150x150 Tips dan Cara Merawat Rem Mobil

Itulah tips dan cara merawat rem mobil jika anda ingin mengerjakannya sendiri. Namun jika anda masih ragu dengan keakuratan hasil kerja anda memang sebaiknya merawat rem mobil diserahkan ke ahlinya di bengkel langganan anda.

cara kerja alternator mobil

 disini kita akan membahas alat pada mobil yang bernama alternator alat tersebut merupakan pensuplai listrik pada mobil kita. untuk lebih lengkapnya mari kita simak artiel berikut ini
Mobil membutuhkan sebuah sistem untuk menjamin kebutuhannya akan listrik. Dengan adanya listrik memungkinkan pengapian mobil akan mampu bekerja dengan baik. Sistem pengisian adalah komponen pada mobil yang berfungsi untuk menjamin kebutuhan listrik tersebut, dengan adanya pengisian baterai akan selalu terisi sehingga kebutuhan mobil akan listrik akan selalu terpenuhi.
Dalam sistem pengisian mobil ada komponen yang disebut dengan regulator, cara kerja regulator dan fungsinya sesuai dengan namanya yaitu untuk menstabilkan atau membuat konstan tegangan listrik yang keluar dari alternator pengisian.
Cara kerja regulator pada altenator sistem pengisian mobil membuat konstan tegangan listrik yang dihasilkan oleh alternator. Kita tahu alternator berputar sesuai dengan putaran poros engkol sehingga tegangan yang keluarpun juga akan naik turun mengikuti putaran poros engkol.
Cara kerja regulator dengan alternator yang menghasilkan tegangan naik turun, sebelum masuk ke komponen kelistrikan mobil tegangan dibuat stabil biasanya tegangan listrik pada mobil adalah 12 volt.
Regulator pada mobil ada dua jenis yaitu regulator tipe kontak point dan regulator tipe IC. Cara kerja regulator alternator tipe kontak point adalah dengan memanfaatkan kontak point yang mengikuti voltage regulator dan voltage relay. Voltage regulator dan voltage relay merupakan kumparan yang akan menghasilkan kemagnetan jika di aliri listrik, selanjutnya kemagnetan tersebut akan menggerakkan kontak point.
Yang kedua adalah regulator tipe IC, untuk regulator tipe ini biasanya dipakai pada mobil keluaran baru. Regulator tipe ini sudah bekerja secara elektronik sehingga lebih awet, keuntungan yang lain dengan menggunakan regulator tipe IC ini adalah waktu pengaturan tegangan lebih pendek sehingga hasilnya pasti lebih akurat.
Disamping itu ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan regulator tipe kontak point sehingga tidak banyak memakan tempat. Kekurangan untuk regulator tipe IC ini tidak tahan terhadap panas yang tinggi dan fluktuasi tegangan yang terjadi.
Baik regulator kontak point maupun IC harus selalu kita pantau kondisinya karena jika komponen tersebut rusak atau tidak bekrja dengan baik akan berpengaruh terhadap kelistrikan pada mobil kita.

BMW i3: Mobil Listrik Keren Terbaru Keluarga

kali ini produsen mobil BMW telah memperkenalkan mobil listrik terbaru seri i3, yang dibandrol $46.400 atau sekitar 482 juta rupiah.
Ajang peluncuran mobil ini digelar di kota London, New York, dan Beijing secara simultan. "Kita berada di awal era listrik," ujar Kepala Marketing BMW, Ian Robertson, Senin (29/7/2013).
Ian berharap BMW bisa menjual dalam jumlah signifikan, karna yakin terjadi kenaikan permintaan yang didorong peningkatan populasi perkotaan. Potensi penjualan diprediksikan akan laris di daerah perkotaan yang makmur seperti California, Eropa dan Asia.
Selain itu, Ian bahkan mengklaim telah ada sekitar 92 ribu orang yang menyatakan minat terhadap seri keren i3, dimana proses produksi tengah berjalan di Leipzig.
Pada tahun 2013, diperkirakan terjadi pertumbuhan penjualan mobil listrik antara 150.000 – 160.000 unit kendaraan secara global, naik dari 7.000 unit pada tahun 2010.
Menurut data PBB, jumlah orang yang tinggal di lingkungan perkotaan lebih dari dua kali lipat, menjadi 4-5 miliar pada 20-25 tahun ke depan. Itu sebabnya, kata Ian, permintaan akan meningkat drastis.
BMW seri i3 akan dijual dengan harga € 34.950 atau 482 juta rupiah, lebih mahal jika dibandingkan sedan BMW 3-Series. Tidak mengherankan bila analis di Reuters memperkirakan konsumen masih skeptis dengan mobil listrik karena harganya yang mahal.
Perusahaan asal Jerman itu menegaskan jarak tempuh i3 bisa mencapai 160 kilometer untuk sekali charge, dan diutamakan untuk driving dengan rute wilayah perkotaan ataupun pinggiran kota.
Mobil listrik ini, kata Ian, cuma perlu isi ulang kurang dari satu jam di stasiun pengisian atau 8 jam jika diisi ulang di rumah.
BMW mengklaim, mobil listrik dengan kapasitas empat kursi ini mampu berakselerasi dari 0 – 100 km/jam dalam waktu tujuh detik, dan konstruksinya terbuat dari bahan fiber karbon dan aluminium.
Prototype mobil keren dari BMW seri i3
Prototype sebelumnya dari BMW i3
Bagi konsumen yang berniat membeli, BMW mengatakan seri ini akan tersedia di Eropa mulai bulan November, dan di US mulai tahun depan.
Generasi mobil listrik berikutnya dari produsen mobil mewah BMW jenis sporty dengan model i8 bakal diluncurkan mulai awal tahun 2014.semoga bermanfaat :)

Lamborghini Aventador Anniversario hanya 100 unit

 
Jakarta (ANTARA News) - Produsen mobil sport Lamborghini meluncurkan varian Aventador yang lebih bertenaga dalam pameran otomotif Shanghai sekaligus untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-50.

"Mobil ini untuk merayakan ulang tahun Lamborghini yang ke-50," kata bos Lamborghini Stephan Winkelmann.

Model itu bernama Lamborghini Aventador LP720-4 50 Anniversario dan dipasarkan hanya 100 unit di dunia,  seperti dikutip Auto Car pada Rabu (24/4).

Model itu menggunakan mesin yang sama dengan Aventador yaitu V 12 6.5-liter tetapi tenaga yang dihasilkan jauh lebih besar 19 tenaga kuda atau 710 tenaga kuda sedangkan model Aventador biasa hanya 691 tenaga kuda. Model itu memiliki akselerasi 0-62 km/jam hanya 2.9 detik dan memiliki kecepatan tertinggi 218 km/jam.

Aventador Anniversario memiliki body berwarna kuning 'Giallo Maggio' atau 'Yellow May'.

Warnanya terlihat lebih mencolok dari pada model-model Lamborghini Aventador edisi terbatas lainnya.

Model itu juga terinspirasi  dari model Lamborghini Veneno dan Gallardo facelift yang telah diluncurkan sebelumnya dengan spoiler yang sangat menonjol, diffuser belakang yang lebih agresif dan side skirt yang lebih dalam

Eksteriornya juga dilengkapi dengan lencana '50 ' untuk menunjukkan status khusus dan velg alloy hitam. Untuk interior, di sesuaikan dengan skema warna luar,  jok kulit berwarna kuning dan daun pintu.

Warna kuning juga ditemukan pada transmisi dan warna hitam terlihat pada dasbor kulit dengan perpaduan warna kuning.

"Kami hanya memproduksi 100 unit di seluruh dunia dan semua model berwarna kuning. Warna yang paling laris dalam sejarah Lamborghini," katanya.

Lamborghini Aventador untuk India Luncur November

 
Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan otomotif asal Italia, Lamborghini,  akan meluncurkan andalan terbaru mereka Aventador LP700-4 untuk India.

Situs Cardekho melaporkan kendaraan itu akan diluncurkan pada awal November. Beratnya ringan jika dibandingkan kendaraan sejenis, hanya 1.575 kg.

Aventador menggunakan sistem penggerak empat roda dengan mesin 6.498 cc v 12 yang menghasilkan 700 tenaga kuda pada 8.500 rpm. Torsinya 690 NM pada 5.500 rpm.

Kecepatan maksimum Aventador adalah 300 km/jam dengan akselerasi 0-100 km/jam  sekitar 3 detik.
(A038)

front wheel aligment (FWA)

Front Wheel Alignment ( FWA)


Hallo sahabat blogger semuanya, saya kembali menyapa Bagi Anda yang masih baru berkecimpung dalam dunia otomotif , pastinya istilah ini belum pernah Anda dengar. Front Wheel Alignment atau lebih sering dikenal dengan istilah spooring adalah penyetelan roda depan mobil yang bertujuan untuk membuat sistem steering menjadi stabil dan ringan, serta bertujuan untuk memperpanjang umur pemakaian ban. Penyetelan ini terdiri atas :


1. Toe in atau Toe out
Roda depan mobil baik yang kiri maupun yang kanan sebenarnya tidak sejajar, tapi ada selisih jarak antara bagian depan dengan bagian belakang. ( silahkan Anda lihat gambar dibawah) 
Arah panah depan menunjukkan arah laju kendaraan ke arah depan , jadi gambar diambil dari pandangan atas mobil. Jika nilai A lebih besar dari nilai B disebut dengan toe in . Sementara jika nilai B lebih besar dari nilai A disebut dengan toe out. Selisih jarak bagian depan ( A ) dengan bagian belakang (B) berkisar 2 - 5 mm.

2. Chamber
Roda depan mobil jika dilihat dari bagian depan maka akan nampak bahwa roda sebenarnya tidak tegak menapak pada jalan. Roda depan mobil dibuat miring  keluar pada bagian atas roda depannya , dan hal ini dikenal dengan istilah chamber positif. Untuk roda depan mobil yang dibuat miring keluar pada bagian bawah roda depannya dinamakan chamber negatif. Adapun tujuan dari chamber pada roda depan adalah untuk menghindari ban slip ke arah luar dan memperkecil momen bengkok pada spindle.

3. Caster
Sebelumnya saya akan jelaskan dulu apa itu caster , saya jelaskan dulu arti king pin. Kingpin adalah sumbu  putar utama dari sistem kemudi. Sumbu putar utama kemudi pada mobil terletak pada hubungan antara tie rod end dengan knuckle arm. Sementara sumbu putar utama kemudi pada sepeda motor terletak pada garis tengah dari garpu roda depan. Jika bagian atas dari kingpin miring ke belakang , maka sudut antara kemiringan kingpin dengan sumbu tegak lurus roda terhadap jalan disebut dengan caster. Untuk lebih mudah dimengerti,  anda bisa lihat gambar di bawah ini !
Fungsi dari caster adalah untuk membuat roda kemudi dapat berbalik lurus kembali setelah berbelok , sehingga tanpa memegang roda kemudi maka mobil akan tetap dapat melaju dengan lurus. Caster ada dua macam yaitu caster positif dan caster negatif. Caster positiif adalah posisi kingpin dari kendaraan ( mobil ) miring ke belakang Caster positif adalah posisi kingpin kendaraan yang miring ke depan.

cara menambal ban yang benar

Cara Menambal Ban Agar Lebih awet dan Kuat

  • Persiapkan karet kompon, karena dengan memberikan karet kompon (rubber compound) yaitu Material karet hitam yang jika dipanaskan dalam waktu tertentu akan melekat dengan ban dalam, akan membuat bagian ban dalam yang bocor dapat tertutup kembali.
  • Sebaiknya sebelum karet kompon dilekatkan ke bagian ban dalam yang bocor, permukaan ban dalam yang bocor dibersihkan sekaligus diberi serat. Hal dilakukan supaya pada saat proses akhir atau pemanasan, karet kompon benar-benar melekat dengan permukaan ban dalam yang bocor, sehingga ban akan lebih awet dan kuat.
  • Selanjutnya proses pemanasan juga merupakan kunci keberhasilan dalam tambal ban. Apabila pemanasan kurang baik, karet kompon tidak bisa menyatu atau bahkan pecah-pecah. Dan hasilnya mungkin akan bocor lagi.
  • Supaya hasil tambal ban tahan lama dan kompon benar-benar menyatu dengan ban yang bocor gunakan trik lain. Yaitu dengan dilapisi kertas aluminium sebagai media penghantar panas. Namun kadang  hasilnya  kurang sempurna atau pecah-pecah saat alumunium dibersihkan. Hal itu disebabkan pemanasan kurang lama dan tidak fokus di bagian yang ditambal.
  • Untuk tahap akhir biar hasilnya bagus, sebaiknya Anda memanaskan bagian yang ditambal lebih lama dari biasanya. Sekaligus mengecek karena memungkinkan ban yang dipanaskan ngembang atau benjol. Cara tepat akan mempermudah Anda untuk menambal ban secara sempurna. Semoga Anda bisa mengambil manfaat yang lebih dari cara menambal ban diatas. Selamat mencoba!

sistem rem tromol

 Rem tromol

Rem terdiri dari beberapa jenis, diantaranya berdasarkan konstruksinya yang terdiri dari rem cakram dan rem tromol. Untuk saat ini saya membahas tentang Rem Tromol

komponen :

  • Tromol
  • Silinder Roda
  • Sepatu Rem
  • Kampas Rem
  • Pegas Pengembali


Rem Tromol pada kendaraan mobil biasanya dipakai pada roda belakang.



 













Cara Kerja :

Saat pengemudi menginjak pedal rem, master silinder menekan fluida kemudian fluida meneruskan tekanan ke silinder roda, silinder roda kemudian menekan sepatu rem yang akhirnya sepatu rem yang membawa kampas  rem menekan tromol dan menimbulkan gesekan antara kampas rem dan tromol, gesekan inilah yang menyebabkan kendaraan melambat atau berhenti.

Macam-macam rem tromol

  • Tipe leading and trailing
  • Tipe uniservo
  • Tipe duoservo
  • Tipe two leading single action
  • Tipe two leading double action



A.Tipe leading and trailing
Jenis ini hanya menggunakan sebuah satu silinder roda dengan dua piston di dalamnya. Sepatu roda yang tidak berhubungan dengan silinder roda ditumpu oleh anchor pin sehingga tidak dapat bergerak. Gaya pengereman tipe ini sama kekuatannya pada saat maju atau mundur sehingga lebih cocok untuk rem roda belakang.

B.Tipe uniservo
Tipe ini hanya memiliki satu silinder roda dan satu piston didalamnya, sepatu rem yang tidak berhubungan dengan sepatu rem masih dapat bergerak. Kekuatan pengereman jenis ini lebih kuat  pada saat maju dibanding mundur, sehingga lebi cocok untuk rem depan.

C.Tipe duoservo
Tipe ini hampir sama dengan tipe leading and trailing, perbedaannya pada sepatu rem yang tidak berhubungan dengan silinder roda tidak diikat mati, atau diikat mengambang sehingga dapat bergerak. Seperti pada tipe uniservo, tekanan hidraulis yang diterima sepatu rem diteruskan ke sepatu rem yang lain. Kekuatan pengereman tipe ini sama kuatnya antara maju dan mundur, sehingga lebih cocok untuk rem belakang tetapi kekuatan pengeremannya lebih kuat dinanding tipe leading and trailing.


Baca juga :
Sistem Rem Mobil

sumber : buku catatanku, wikipedia.com

semoga artikel tentang rem tromol ini bermanfaat. Mohon Maaf, yang lain nyusul

Sistem Rem pada Kendaraan

Rem ( brake dalam bahasa inggris ) adalah alat yang digunakan untuk memperlambat dan atau menghentikan laju kendaraan. Adanya rem pada kendaraan sangat penting untuk keselamatan pengendara, jika tidak ada rem  maka pengendara bisa mengalami kecelakaan yang bisa menyebabkan kematian. Rem hanya salah satu bagian kendaraan yang penting, masih ada bagian penting lainnya, berikut bagian/komponen utama kendaraan




 









System rem  yang digunakan pada kendaraan bermotor dapat digolongkan sebagai berikut :


Menurut konstruksinya :
  • Rem tromol
  • Rem piriringan/cakram

Menurut tempatnya ada 2 :
  • Rem roda = rem yang ditempatkan pada roda depan ataupun belakang
  • Rem propeller = rem yang ditempatkan didepan poros propeller

Menurut layananya :
  • Rem kaki , dengan cara di injak
  • Rem tangan atau rem parkir.




Menurut mekanisme penggeraknya :
  • Rem mekanis = rem yang menggunakan tuas atau kawat pada system rem, kekuatan pengereman tergantung pada kekuatan tarikan/kawat
  • Rem hidraulik = rem yang menggunakan fluida dalam pengereman
  • Rem boster = suatu alat tambahan yang digunakan untuk meringankan tenaga pengereman dengan memenfaatkan kevakuman
  • Rem angin = rem yang bekerja berdasarkan tekanan udara yang tersedia untuk membantu mengerakan sepatu / kampas rem dalam menekan tromol



Rem Cakarm :
Rem cakram atau disc brake bayak dipakai di kendaraan bermotor berkecepatan tinggi. Terjadinya gaya pengereman pada rem cakram adalah akibat gesekan yang dilakukan oleh pad/ bantalan terhadam cakram/ piringan dengan cara menjepit.

Keuntungan :
  • Pengereman tetap stabil walaupun dilakukan berkali-kali pada kecepatan tinggi.
  • Piringan dapat meradiasi panas dengan baik
  • Ekspansi paanas dan pemuaian panas yang terjadi karena gesekan tidak menyebabkan perubahan renggang antara cakram dan pad.
  • Konstruksi  sederhana
  • Jika piringan terkena air maka efek pengereman tetap konstan, hal ini disebabkan air yang menempel pada piringan akan terl


    empar keluar karena gaya sentrifugal.

Kerugian :
  • Diperlukan tenaga pengereman yang lebih besar
  • Debu dan kotoran akan lebih mudah masuk karena system remnya terbuka.


Jenis-jenis rem cakram :

  1. Tipe satu piston/floating caliper
  2. Tipe dua piston/fixed caliper
  • Pada tipe satu piston/ floating caliper, tekanan hidraulik master silinder akan mendorong kea rah kiri. Cakram bergerak berlawanan arah dengan gerak piston sehingga piringan akan terjepit.
  • Pada tipe dua piston , tenaga pengereman yang terjadi  adalah saat tekanan hidraulik mendorong kedua piston sehingga piston mendorong pad untuk menjepit piringan/cakram. Kerja dari tipe ini lebih akurat namun radiasi panasnya terbatas karena silinder rem berada diantara cakram dengan velg sehingga dulit tercapainya pendinginan oleh karena itu dibutuhkan komponen yang lebih bayak.




  • Secara garis besar komponen rem cakram ada 3 macam yaitu : piringan/cakram, pad dan caliper.
1.Cakram/ piringan
Terbuat dari besi tuang kelabu berbentuk lingkaran yang dipasang atau disatukan dengan roda sehimgga apabila roda berputar maka cakram juga ikut berputar.

2.Pad / bantalan rem/ diskbrake
Terbuat dari metalik fiber dicampur dengan sedikit serbuk besi, fungsinya adalah untuk memberikan gesekan pada piringan saat mendapatkan tekanan hidraulik dari master silinder.

3.Caliper
Adalah rumah piston. Caliper dibedakan menjadi 2 macam menurut konstruksinya yaitu floating caliper dan fixed caliper.


Syarat-syarat rem :
  • Dapat bekerja cepat dan tepat
  • Kemampuan pengereman dapat dipercaya
  • Gaya pengereman tiap roda harus sama
  • Konstruksi sederhana pemeliharaan mudah

Pengertian baterai ( accu, aki ) mobil

Accu Mobil

Aki / accu / baterai mobil, digunakan sebagai sumber arus untuk seluruh sistem kelistrikan pada mobil, dan juga diguanakan sebagai penyimpan energi listrik saat terjadi proses pengisian. Peran baterai pada mobil sangatlah penting, baterai berfungsi untuk mensuplai arus listrik pada sistem starter agar mesin dapat dihidupkan, bayangkan apabila baterai / aki rusak atau tidak punya daya yang cukup untuk pengoperasian sistem starter, apakah kita harus mengengkolnya ?? mana ada tuas engkolnya di mobil, kalau motor masih mending, atau harus mendorong mobil sampai hidup, itu kalau ada orang lain yang bantu, kalau sendiri??. Maka dari itu perawatan sangat penting untuk dilakukan pada baterai mobil, perawatannya sebenarnya cukup mudah, kalau mobil akan lama tidak akan digunakan lepaslah terminal positif atau negatif agar tidak ada konsleting dan memperpanjang umur dari baterai. Penggantian baterai secara berkala juga perlu dilakukan.



Baterai (accu, aki) adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia. Baterai juga dikenal sebagai akumulator.
Pada umumnya di Indonesia, kata akumulator (sebagai aki atau accu) hanya dimengerti sebagai "baterai" mobil. Sedangkan di bahasa Inggris, kata akumulator dapat mengacu kepada baterai, kapasitor, kompulsator, dll.

di dalam standar internasional setiap satu cell akumulator memiliki tegangan sebesar 2 volt. sehingga aki 12 volt, memiliki 6 cell sedangkan aki 24 volt memiliki 12 cell.

Aki merupakan sel yang banyak kita jumpai karena banyak digunakan pada sepeda motor maupun mobil. Aki temasuk sel sekunder, karena selain menghasilkan arus listrik, aki juga dapat diisi arus listrik kembali. secara sederhana aki merupakan sel yang terdiri dari elektrode Pb sebagai anode dan PbO2 sebagai katode dengan elektrolit H2SO4.
sumber : wikipedia.com

MATERI OTMOTIF KELAS XII

Kompresor


 Fungsi kompresor pada sistem AC adalah :

Memberi tekanan pada zat pendingin, agar mengalir (bersirkulasi) dalam sistem.
Secara garis besar kompresor ada dua jenis yaitu  :
1.           Kompresor torak
2.           Kompresor rotari
Untuk menggerakkan kompresor dipakai tenaga motor dari mobil itu sendiri atau memakai motor penggerak tersendiri

Kondensor

Fungsi kondensor  mendinginkan zat pendingin yang telah diberi tekanan oleh kompresor.
Zat pendingin yang bertekanan tinggi dari kompresor suhunya panas melalui kondensor panas itu dihilangkan (diperkecil) dan zat pendingin berubah bentuk menjadi cair.

Filter

Uap air adalah gangguan yang paling utama dalam sistem AC, karena uap air menyebabkan terjadi pembekuan (es) pada saluran-saluran dalam sistem, terutama pada katub ekspansi mengakibatkan sistem AC tidak berfungsi dengan baik.

Untuk menyerap uap air dan kotoran kecil pada sistem digunakan saringan / filter.


Katup Ekspansi

 
Zat pendingin yang sudah dikondensasi oleh kondensor tekanannya harus diturunkan oleh katub ekspansi supaya zat pendingin dapat menyerap panas di sekeliling evaporator.
Katup expansi ini dipasangkan pada saluran masuk evaporator ( menjadi satu unit ).

Evaporator

Pada evaporator zat pendingin akan mengambil panas dan berubah bentuk menjadi gas.
Supaya pengambilan panas pada evaporator dapat berlangsung sempurna, maka evaporator dilengkapi dengan motor blower yang juga berfungsi untuk menghembuskan udara dingin ke dalam ruang kendaraan

Zat pendingin

-     Saat ini zat pendingin yang dipakai pada AC mobil adalah Freon (CF2  Cl2)  dengan nomor kode  R – 12
R  =  Refrigerant